Laman

Rabu, 17 Mei 2017

Meningitis Dapat Bahayakan Siapa Saja

Meningitis dapat bahayakan siapa saja, Selama ini mungkin Anda sering sekali mendengar tentang bahaya penyakit meningitis yang hanya mengenai anak-anak, bahkan sekarang ini tidak jarang dialami oleh orang dewasa juga. Padahal, meningitis atau yang biasa kita kenal dengan radang selaput otak ini bisa mengenai siapa saja tanpa mengenal usia dan jenis kelamin. Sudah banyak pasien yang mengalami meningitis hingga mengakibatkan kematian. Karena penyakit ini hanya menunjukan gejala biasa, batuk dan flu.

Meningitis Dapat Bahayakan Siapa Saja

Meningitis seringkali disebabkan oleh infeksi dan mikroorganisme. Sebagian besar infeksi disebabkan oleh virus. Dengan bakteri, fungi dan protozoa sebagai penyebab yang paling sering berikutnya. Penyakit ini juga bisa disebabkan karena ada berbagai penyebab yakni non-infeksi. Meningitis dapat bahayakan siapa saja.

Mungkin masih ada juga yang belum mengetahui apa itu meningitis. Penyakit Meningitis adalah peradangan pada selaput yang mengelilingi dan melindungi otak dan sumsum tulang belakang yang biasanya disebabkan oleh virus dan bakteri. Untuk itu, dari beberapa hal ini mungkin dapat memberikan dan menambah informasi Anda perihal meningitis. Meningitis dapat bahayakan siapa saja. Meningitis memiliki resiko yang sangat tinggi dan bahkan dapat menyerang ke beberapa kelompok untuk usia tertentu, seperti hal berikut:

a. Bayi, balita dan anak-anak. Mereka merupakan usia yang sangat berisiko untuk terkena meningitis, sudah ada lebih dari 50% dari seluruh kasus yang terjadi pada kelompok usia tersebut.
b. Remaja dengan usia 15 - 19 tahun ini juga dinilai rentan dalam membawa bakteri.
c. Dewasa juga serupa memiliki resiko. Meningitis yang dapat menyerang setiap saat dalam waktu yang tidak bisa ditentukan, terlepas dari kesehatan, jenis kelamin, ras usia, atau kelas kemampuan. Orang-orang yang sudah memasuki usia diatas 55 tahun juga memiliki resiko terkena meningitis karena sistem kekebalan tubuh yang melemah seiring dengan bertambahnya usia.

Gejala meningitis yang dapat meliputi:
  1. Demam, tangan dan kaki terasa dingin
  2. Menolak makanan/sulit makan atau muntah
  3. Rewel, sulit untuk ditangani
  4. Nyeri pada otot
  5. Rasa kantuk, kurang responsif
  6. Nafas cepat 
  7. Kulit terlihat pucat, jerawat
  8. Ruam yang tidak memudar walaupun ditekan
  9. Menangis dan selalu merintih
  10. Badan tegang dan terasa kaki
  11. Leher juga kaku, tidak suka cahaya terang
  12. Tubuh kejang-kejang
Ada juga beberapa jenis meningitis yang perlu diketahui:
  • Viral meningitis 

Penderita meningitis yang mengalami sakit kepala hebat, merasa kelelahan dan kehilangan memori. Walapun jenis meningitis ini jarang mengancam jiwa, namun kebanyakan orang harus mendapatkan pemulihan total.

  • Meningitis bakteri 

Gejala jenis meningitis ini terdapat bercak pada tubuh dan kondisi seperti flu. Dapat juga mengancam jiwa dan memerlukan perhatian medis yang tepat. Kebanyakan orang yang menderita meningitis bakteri ini akan membunuh dalam hitungan jam dengan waktu yang tidak lama. Jenis meningitis bakteri ini seringkali menyerang pada bayi dan anak-anak kecil. 

Bakteri yang disebut-sebut itu bernama meningokokus juga dapat menyebabkan meningitis dan septicaemia (bakteri pathogen yang membawa penyakit yang masuk ke dalam tubuh dan berada di dalam darah). 

Untuk tahap awal, gejala seperti itu serupa dengan penyakit umum sepert batuk dan flu, jadi waspadalah terhadap seluruh tanda-tanda dan gejala. Jika Anda mencurigai sesuatu pada diri anda sendiri, keluarga, saudara ataupun orang terdekat sekalipun, carilah segera bantuan medis.

Apa yang harus dilakukan jika Anda mencurigai anak yang memiliki meningitis?
  1. Ketahui dahulu gejalanya dan selalu memonitori anak Anda. Percayalah dengan insting Anda, Anda lebi mengetahui kondisi anak Anda lebih baik dari orang lain.
  2. Segera cari bantuan medis, karena seseorang dengan meningitis atau septicaemia bisa ditangani dengan cepat bila masih gejala awal.
  3. Jangan takut untuk bertanya informasi mengenai meningitis.

Meningitis dapat menyerang dengan cepat dengan melalui air liur dan bersin. Namun penyakit ini masih bisa ditangani dengan melakukan vaksin, walaupun hingga saat ini vaksin belum bisa menyembuhkan secara menyeluruh, seidaknya Anda juga perlu mengetahui tanda dan gejala  yang harus diwaspadai sejak dini dan melakukan tindakan untuk mengambil. 

Biasakan pada diri Anda sendiri untuk menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan yang bersih dengan menggunakan sabun, terutama sebelum dan sesudah makan, juga hindari kontak langsung dengan seseorang yang sedang tampak sakit. Beberapa pasien yang dapat ditangani dengan baik hingga pemulihan, tetapi beberapa pasien lainnya akan menderita seumur hidup karena efek dan komplikasi meningitis bahkan cacat.


dapat juga info lain tentang:
haji plus non kuota  |  haji plus non kuota 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar