Laman

Jumat, 12 Mei 2017

Seputar Mengenai Penyakit Meningitis

Seputar mengenai panyakit meningitis, Akhir-akhir ini kita sangat familiar sekali dengan penyakit meningitis, hampir seluruh media ataupun khalayak ramai serempak dalam membicarakan penyakit ini, awal dari pembahasan penyakit ini tentu saja setelah ada salah satu pesohor hiburan ditanah air yang menghembuskan nafas terakhirnya setelah kurun waktu yang cukup lama dalam berjuang melawan penyakit meningitis tersebut, tentu ini menjadi pertanyaan seluruh masyarakat, seburuk apakah penyakit meningitis tersebut? Apa saja penyebab dari penyakit itu?, dan bagaimana kita dapat mendeteksi penyakit tersebut guna mencegah sejak dini?.


Seputar Mengenai Penyakit Meningitis

Kata “Meningitis” yang berasal dari bahasa latin yaitu “Meninga” dan yunani “Menix” yang berarti “Membran”. Akhiran yang terdapat kata “Itis” berasal dari bahasa Yunani yang berarti “berkaitan dengan”. Dalam bahasa Inggris medis yang terdapat pada akhiran “Itis” yang berarti “Peradangan”. Selaput yang mengelilingi pada otak dan sumsum tulang belakang secara kolektif yang disebut dengan Meninges. Seputar mengenai penyakit meningitis. Meningitis merupakan peradangan yang terdapat pada meninges. Menurut dalam kamus medis, penyakit meningitis ialah radang selaput otak atau sumsum tulang belakang.

Meningitis juga merupakan salah satu penyakit yang berbahaya hingga dapat mematikan disebabkan oleh infeksi yang relatif langka yang dapat mempengaruhi selaput halus, yang disebut dengan meninges (pria-in’-ya ampun) , yang menutupi sekeliling otak dan sumsum tulang belakang. Meningitis bakteri juga dapat menular kepada orang lain dalam kontak dekat. Karena Meningitis jamur ialah bentuk yang jarang dari meningitis pada umum lainnya hanya terjadi pada orang dengan sistem kekebalan kondisi lemah. Seputar mengenai penyakit meningitis.

Meningitis menyerang hampir selalu disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang dimulai di tempat lain dalam tubuh, seperti pada telinga, sinus atau saluran pernapasan pada bagian atas. Kurang umum penyebab meningitis yang termasuk infeksi jamur, gangguan autoimun, dan obat-obatan lain.

Meningitis bakteri merupakan penyakit yang sangat serius dan memerlukan perawatan medis segera. Jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat, hal itu dapat menyebabkan kematian dalam hitungan jam saja atau dapat menyebabkan kerusakan yang permanen pada otak dan bagian lain dari tubuh.

Meningitis bakteri yang disebabkan oleh salah satu dari beberapa bakteri yang ada. Neisseria meningitidisatau “meningococcus” yang biasa terjadi dialami oleh anak-anak dan orang dewasa, sedangkan Streptococcuspneumoniae atau “pneumococcus” yaitu juga merupakan salah satu penyebab umum lain pada anak-anak dan orang dewasa. Haemophilus influenzae tipe b (Hib) merupakan penyebab umum dari meningitis pada bayi dan anak-anak sampai tingkat vaksin Hib diperkenalkan hanya untuk bayi. Neisseriameningitidis dan Streptococcus pneumoniae akun yang diperuntukkan sebagian besar kasus meningitis bakteri di Vaksin AS yang tersedia hanya untuk kedua Neisseria meningitidis dan Streptococcus pneumoniae. Mereka sangat dianjurkan untuk semua anak-anak dan orang dewasa yang memiliki resiko khusus.

Bakteri juga dapat menyebar dari orang ke orang melalui batuk dan bersin, sehingga dapat menularkan penyakit yang mematikan ini. Jika Anda berada di sekitar seseorang yang memiliki meningitis bakteri, segerahlah hubungi dokter agar secepatnya ditangani dan meminta langkah-langkah apa yang perlu Anda ambil untuk dapat menghindari infeksi tersebut.

Dalam banyak kasus yang sudah terjadi selama ini, meningitis bakteri terjadi ketika bakteri itu masuk ke dalam aliran darah dari sinus, telinga, atau bagian lain dari saluran pernapasan bagian atas. Bakteri kemudian melakukan perjalanan melalui aliran darah ke otak.

Viral meningitis lebih sering menyerang daripada bentuk bakteri dan umum lainnya, tapi tidak selalu kurang serius. Hal ini dapat dipicu oleh sejumlah virus yang ada, termasuk beberapa diantaranya yang dapat menyebabkan diare.

Selain itu, Gejala awal yang menyertai serangan penyakit ini sangat mirip dengan gejala flu biasa, sehingga sulit untuk dideteksi. Beberapa gejala yang sering sekali tampak terutama pada balita yang berusia 2 tahun atau lebih ialah demam yang datang tiba-tiba, sakit kepala, leher terasa kaku, muntah-muntah, sulit tidur, sensitif terhadap cahaya, tidak nafsu makan, dan terkadang mengalami bercak merah pada kulit.


artikel lainnya:
umroh plus turki  | umroh plus turki 2018  | umroh plus turki 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar