Laman

Selasa, 06 Juni 2017

Perbedaan Istilah Medis Yang Seringkali Keliru

Perbedaan istilah medis, Pengetahuan yang cukup maupun lebih merupakan salah satu kunci penting untuk dapat memperbaiki kesehatan Anda. Tingkatkan dalam pengetahuan kesehatan Anda untuk mendapatkan hidup yang lebih baik lagi. Jangan sampai terjadi kekeliruan dalam mengartikan istilah medis sebagai berikut ini:

Perbedaan Istilah Medis Yang Seringkali Keliru

Meningitis atau Radang Otak

Jangan sampai terjadi kekeliruan dengan adanya perbedaan istilah medis. Perlu diketahui bahwa Meningitis yang merupakan penyakit terjadinya radang pada selaput otak atau membran. Penyakit tersebut tidak jarang menyebabkan kematian bagi penderita. Penyebabnya karena terdapat infeksi virus, bakteri atau jamur yang menyelimuti pada otak.

Sedangkan untuk radang otak itu sendiri merupakan peradangan yang terjadi di dalam jaringan otak. Jadi untuk dapat membedakan antara meningitis dan radang otak adalah lokasi terjadinya peradangan. Itulah perbedaan istilah medis dari Meningitis atau radang otak.

Cacar atau Campak

Cacar adalah sebuah penyakit yang disebabkan karena adanya virus sehingga sangat menular dan dapat menimbulkan bintik-bintik kemerahan di kulit yang gatal. Penularan penyakit cacar ini dapat terjadi dengan melalui bersin, batuk atau berbagi makanan dan minuman. Terdapat bintik kemerahan pada kulit yang terjadi di seluruh bagian tubuh.

Sedangkan penyakit campak merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus juga. Namun tanda yang muncul bukan berupa bintik kemerahan melainkan ruam merah di kulit dan adanya bintik-bintik berair pada dinding pipi bagian dalam.

Pneumonia atau Tuberkulosis

Pneumonia merupakan kondisi adanya terjadi peradangan pada paru-paru. Itulah sebabnya penderita pneumonia sering juga disebut dengan radang paru-paru. Pneumonia terjadi akibat adanya infeksi akibat virus dan bakteri. Pneumonia yang disebabkan oleh virus pneumokokkus. Adapun gejala yang ditimbulkan oleh pneumonia adalah demam, nyeri dada dan sesak napas.

Sementara pengertian dari tuberkulosis yaitu penyakit menular yang menyerang pada paru-paru. Mikroorganisme lah yang menyebabkan antara tuberkulosis dengan pneumonia itu berbeda, yaitu mycobacterium tuberculosis. Sedangkan untuk gejalanya adalah batuk darah, nyeri dada, sesak napas, berat badan menurun dan berkeringat saat malam hari.

Kista atau Endometriosis

Kista terdapat benjolan atau kantung yang dalamnya itu berisi cairan, baik itu cairan yang encer seperti air atau cairan yang kental seperti gel. Adanya Kista terjadi akibat dari produksi kelenjar yang ada pada ovarium tidak bisa dikeluarkan. Kista itu terletak pada induk telur dan dapat dideteksi dengan adanya rasa nyeri yang hebat pada saat hari pertama atau kedua saat menstruasi.

Sementara itu, endometriosis ialah adanya jaringan yang menyerupai lapisan dinding rahim. Endometriosis dapat ditemui dimana saja pada dalam rongga panggul, seperti diperoleh di ovarium, saluran tubam dinding panggul dan di sekat antara rektum dan vagina. Gejala endometriosis hampir serupa dengan gejala kista.