Laman

Senin, 05 Juni 2017

PT Bio Farma Siapkan Vaksin Meningitis Untuk Calon Jamaah Haji 2017

PT Bio Farma siapkan vaksin, Tidak terasa keberangkatan haji tahun 2017 ini akan segera dilaksanakan. Oleh karena itu, Untuk dapat memenuhi kebutuhan haji dan umrah pada tahun ini, dari PT Bio Farma (Persero) telah menyiapkan sebanyak 1,2 juta dosis vaksin meningitis.  Direktur Produksi PT Bio Farma (Persero) yakni, Juliaman, upaya yang dilakukan itu merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi melalui skema kerja sama dengan mitra Bio Farma di luar negeri. Sehingga, kedatangan vaksin meningitis tersebut akan dilakukan secara bertahap.

PT Bio Farma Siapkan Vaksin Meningitis Untuk Calon Jamaah Haji 2017

"Pada Mei lalu sudah datang secara bertahap vaksinnya untuk dapat memenuhi kebutuhan calon jamaah haji di tahun ini, PT Bio Farma siapkan vaksin meningitis untuk calon haji 2017 ini," ungkap Juliaman.

Menurut keterangan Juliaman, bahwa PT Bio Farma siapkan vaksin meningitis dan untuk penyerapan vaksin tersebut khusus untuk calon jamaah haji, saat sudah mulai berjalan. Karena, untuk dapat melakukan imunisasi meningitis bagi calon jamaah haji harus sudah dilakukan minimal satu bulan sebelum tanggal keberangkatan ke tanah suci.

"Dengan sudah adanya persediaan vaksin sebanyak 1,2 juta dosis vaksin meningitis ini sangat mencukupi, karena sudah benar-benar dianggarkan sesuai dengan kebutuhan pemerintah," terangnya.

Dikatakan oleh Juliaman, bahwa kuota vaksin meningitis Bio Farma untuk tahun ini jumlahnya lebih besar dibandingkan pada tahun lalu. Hal itu, dikarenakan seiring dengan adanya peningkatan kebutuhan bagi jamaah haji dan umrah yang setiap tahunnya terus mengalami peningkatan, apalagi dengan kuota haji yang sudah kembali normal da nada juga penambahan.

Vaksin meningitis, menurutnya, merupakan salah satu vaksin wajib bagi para calon jamaah haji dan umrah untuk dilakukan. Vaksin tersebut diberikan kepada calon jamaah haji guna mencegah penyakit radang selaput otak atau lebih dikenal dengan sebutan penyakit meningitis. Juliman menjamin bahwa, vaksin meningitis yang diperoleh dari Bio Farma sudah terjamin kehalalannya. "Untuk saat ini produksinya masih dikerjasamakan dengan mitra," katanya.

Namun,tuturnya, rencana untuk ke depannya nanti, Bio Farma akan memproduksi vaksin meningitis sendiri. Tentunya, setelah sudah adanya transfer teknologi dari mitra tersebut. "Kalau kedepannya nanti terwujud untuk bisa memproduksi vaksin meningitis sendiri, tentu saja harganya pasti akan lebih murah dari harga yang diperoleh sebelumnya," jelas Juliman.