Laman

Selasa, 13 Juni 2017

Waspada Kosmetik Lama Anda Bisa Jadi Meningitis dan Sejenisnya

Waspada kosmetik lama, Coba Ingat-ingat kembali kapan terakhir kalinya Anda membongkar tas kosmetik dan menyortir peralatan makeup yang sudah lama tidak terpakai? Bahkan menambah koleksi make up yang baru, padahal yang lama saja sudah tidak terpakai lagi dan jumlahnya masih banyak. Itulah kebiaaan yang dilakukan dari sebagian wanita yang hobi mengoleksi make up. Alhasil karena sudah ada yang make up yang baru, make up lama tidak dipakai lagi, sehingga kosmetik pun menjadi kedaluwarsa dan tidak layak lagi untuk digunakan.

Waspada Kosmetik Lama Anda Bisa Jadi Meningitis dan Sejenisnya

Meskipun seperti itu, masih ada saja yang menyimpan bahkan masih menggunakannya tanpa ia sadari akan menimbulkan bahaya yang mengintai dirinya.waspada kosmetik lama Anda bisa jadi meningitis dan sejenisnya. Ada sebuah tes laboratorium yang pernah dilakukan di London ini mungkin akan membuat para wanita yang memiliki kebiasaan menyimpan kosmetik lama setelah mengetahui pasti akan segera menyingkirkan peralatan kosmetiknya yang sudah tidak layak untuk dipakai. Produk makeup yang sudah lama disimpan hingga kadaluwarsa ternyata menyimpan banyak bakteri yang sangat berbahaya, salah satunya yang terdapat pada make up tersebut adanya bakteri penyebab radang selaput otak atau meningitis yang mematikan yaitu enterococcus faecils.

Adapun hadir para peneliti dari London Metropolitan University yang telah melakukan pemeriksaan lima produk kosmetik seperti blush-on, foundation dan lip gloss dan menemukan bahwa semuanya itu menyimpan banyak bakteri yang berbahaya jadi waspada kosmetik lama Anda.

Selain dengan enterococcus faecalis, seluruh peralatan kosmetik yang sudah kedaluwarsa juga menyimpan bakteri yang berbahaya lainnya yaitu eubacterium. Eubacterium adalah yang bisa menyebabkan bacterial vaginosis (ketidakseimbangan floradan bakteri pada Miss V) dan aeronoma, penyebab gastroenteritis dan infeksi yang terjadi pada luka. Tidak hanya itu saja, para peneliti juga menemukan adanya staphlyoccocus epidermidis, bakteri  yang menjadi  penyebab jerawat yang kebal terhadap antibiotik, juga enterobacter yang menyebabkan infeksi saluran lubang hidung a dan pernapasan.

Studi yang dilakukan semata-mata hanya saja ngn mengetes lima produk kecantikan yang dikirimkan oleh wanita dan beauty blogger dari seluruh Britania Raya. Yaitu blush-on, foundation, lipstik, lip gloss dan maskara. Rata-rata produk kosmetik yang diperiksa sudah kedaluwarsa empat hingga sembilan bulan. Untuk mpat produk kosmetik pertama yang disebutkan sebelumnya, setelah dites positif terpapar bakteri enterococcus faecalis.

Alat make up Blush-on yang kita miliki apabila sudah sembilan bulan kedaluwarsa akan mengandung bakteri yang paling banyak, sementara maskara yang telah empat bulan kedaluwarsa berada di urutan kedua. Lip gloss yang sudah berumur satu tahun tapi belum kedaluwarsa tetap saja mengandung bakteri ketiga paling banyak. Lip gloss memang lebih rentan sekali terpapar bakteri karena digunakan pada mulut, dimana banyak bakteri yang berkumpul di situ.

Sementara itu, untuk foundation yang dijadikan sebagai alas bedak yang memiliki kedaluwarsa empat bulan berada di urutan keempat yang menyimpan bakteri yang paling banyak. Sedangkan untuk lipstik yang sudah berumur 10 bulan sejak dibeli, akan mengandung bakteri paling sedikit di antara kelima jenis kosmetik yang diuji tadi.

"Biasanya kebanyakan wanita benar-benar dirinya tidak menyadari bahwa kosmetik mereka tersebut berpotensi mengembangbiakkan bakteri yang mematikan. Penelitian ini juga sungguh mengejutkan kami dan menunjukkan terdapat risiko kesehatan yang cukup tinggi di sini," ungkap Rakesh Aggarwal, CEO Escentual, retailer kecantikan online yang memprakarsai penelitian ini,

Memiliki risiko bahaya tinggi untuk di jauhi . mengurus bayi. Sebab bakteri penyebab meningitis banyak ditemukan dalam beberapa kosmetik yang sudah kedaluwarsa. Di Inggris, Enterococcus faecils sudah tercatat sebagai bakteri yang dapat membunuh lebih banyak pada usia anak-anak di bawah usia lima tahun ketimbang bakteri infeksi lainnya di Inggris.

"Secara keseluruhan  , produk makeup berupa foundation, lip gloss dan lipstick yang ah dites di bawah pengawasan ketat laboratorium positif mengandung enterococcus faecalis. Bakteri tersebut memiliki potensi besar dapat mematikan yang menyebabkan meningitis dan septicaemia adalah salah satu yang paling banyak membunuh bayi-bayi baru lahir," jelas Ahli mikrobiologi Paul Matewele dari London Metropolitan University.

Jadi sangat disarankan, kosmetik yang kira-kira sudah 10 bulan atau setahun lebih tidak dipakai, sebaiknya disingkirkan saja. Pilih dengan cerdas dan bijak dalam membeli kosmetik, pastikan Anda akan memakainya secara rutin sehingga bisa habis pada waktunya. Hilangkan kebiasaan menumpuk kosmetik lama karena bisa sangat berbahaya.