Laman

Jumat, 09 Juni 2017

Waspada Meningitis Menjelma Sakit Telinga

Waspada meningitis menjelma sakit telinga, Ada seorang ibu yang dirawat di salah satu Rumah Sakit (RS) dengan keluhan sakit telinga. Namun, pada akhirnya lima hari kemudian ibu tersebut meninggal dunia. Ternyata, ia mengidap penyakit meningitis. Jo Graham namanya, ibu dari tiga anak ini, mendatangi Rumah Sakit Universitas Coventry pada bulan Desember lalu karena ia merasakan sakit di telinganya yang begitu intens sekali. Namun, sangat disayangkan wanita yang berusia 36 tahun ini gagal merespon berbagai pengobatan yang diberikan padanya hingga kemudian ia mengalami koma.

Waspada Meningitis Menjelma Sakit Telinga

“Suaminya, yang bernama Mark, pada akhirnya memutuskan untuk mematikan alat pendukung hidupnya, setelah dokter memberikan pernyataan bahwa tidak ada lagi yang dapat menyelamatkan dirinya,” tulis Daily Mail. Semula, tidak terdeteksi bahwa meningitis menyerang dalam tubuh Jo. Namun, dari pemeriksaan lebih lanjut untuk deteksi penyakit apa sebenarnya yang di derita, ternyata penyakit inilah yang merenggut nyawa istrinya sendiri. Waspada meningitis menjelma sakit telinga.

Meningitis terjadi karena infeksi meninges. Meninges merupakan selaput dinding atau pelindung yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Infeksi ini yang dapat menyebabkan meninges menjadi meradang hingga membengkak dan dapat merusak saraf dan otak. Yang terjadi pada Jo awalnya hanya sakit telinga. Namun, siapa sangka berakhir dengan kematian. Oleh karena itu, waspada meningitis menjelma sakit telinga. Gejala umum yang seringkali muncul adalah demam tinggi, sakit kepala hebat, muntah-muntah, leher terasa kaku, pobia cahaya, napas cepat dan ruam yang tak kunjung reda.

Meningitis memilki dua jenis, yakni meningitis virus dan meningitis bakteri. Meningitis bakteri merupakan yang sangat serius dan meningitis bakteri ini juga harus diperlakukan sebagai keadaan darurat medis. Sementara untuk meningitis virus yang lebih umum terjadi dan lebih mudah untuk dapat disembuhkan. Virus meningitis juga akan sembuh dalam beberapa minggu saja. Namun, meningitis bakteri membutuhkan penanganan serius dengan penggunaan obat antibiotik.

Meningitis juga merupakan penyakit yang sangat sulit untuk dideteksi, sebab datangnya secara tiba-tiba. Dan, seringkali dianggap sebagai flu biasa. Bahkan, dalam kasus Jo ini, meningitis menjelma menjadi sakit telinga (siapa yang menyangka?), yang terlihat penyakit biasa ternyata berakhir kematian. Oleh sebab itu, gejala aneh apapun yang dirasakan pada tubuh seharusnya jangan pernah disepelekan begitu saja, jika tidak ingin menyesal di kemudian hari.