Laman

Selasa, 04 Juli 2017

Bahaya Akibat Keseringan Mengupil Berakhir Meningitis

Akibat keseringan mengupil, bagi beberapa orang yang memiliki kebiasan mengupil ini, bagi dirinya itu merupakan kegiatan yang mengasyikkan atau menyenangkan. Tapi tanpa disadarinya bahwa mengupil terlalu sering ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan dan tubuh seseorang. Berdasarkan dari hasil survei yang telah dilakukan oleh sebuah tim peneliti dari Wisconsin dengan melibatkan sebanyak 200 partisipan yang ada, diketahui bahwa rata-rata seseorang yang mengupil itu sebanyak 4 kali dalam sehari yang dilakukan saat sedang senggang atau santai. Namun,  akibat keseringan mengupil juga akan timbul dan itu tidak baik untuk kesehatan.

Bahaya Akibat Keseringan Mengupil Berakhir Meningitis

Mengupil itu merupakan sebuah kegiatan positif yang dilakukan oleh seseorang karena dapat membantu membersihkan hidung dari kotoran atau benda asing yang masuk dengan menggunakan jari. Meskipun terbilang kegiatan yang umum, tapi bagi budaya yang tertentu cenderung menjadi tabu karena dapat menimbulkan perasaan yang geli dan menjijikan, selain itu juga dapat menimbulkan bahaya akibat keseringan mengupil.

Namun, akibat keseringan mengupil seseorang tersebut bisa menyebabkan hidungnya menjadi kering yang dapat memicu perdarahan. Hal ini karena secara alami hidung tetap membutuhkan pelumas setiap saat untuk mencegahnya dari kekeringan.

Begitupun sebaliknya, jika ada seseorang yang jarang sekali mengupil, maka lendir yang bercampur dengan kotoran tersebut akan semakin mengeras sehingga dapat menghambat pernapasan (sulit bernapas) serta membuat hidung tidak lagi bisa efektif dalam menyaring benda-benda asing dari luar. Berikut dibawah ini merupakan akibat keseringan mengupil;

1.Mudah terkena flu

Virus flu dapat melewati selaput lendir yang salah satunya terdapat pada dalam hidung. Hanya dengan menggunakan jari-jari yang telah terkontaminasi oleh virus tersebut ke dalam hidung sehingga menyebabkan seseorang tejangkit flu yang disebabkan oleh diri sendiri. Dalam beberapa hari ke depan ini, seseorang bisa saja mengalami flu, tenggorokan terasa gatal dan serangan bersin yang berulang-ulang.

2.Mimisan
Mimisan dapat terjadi kapan dan oleh siapa saja Jika ada seseorang yang mengupil terlalu sering, baik mengupil dengan ringan ataupun mengupil dengan keras dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan di hidung yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari bakteri dan benda-benda asing di udara, sehingga dapat memicu terjadinya mimisan pada hidung.

3.Infeksi
Selain penyebabnya dari infeksi virus flu, jika terlalu sering mengupil juga dapat menyebabkan kuman dan bakteri  yang ada lebih mudah masuk ke hidung dan menyebar ke bagian tubuh lain.

4.Merontokkan rambut hidung

Ketika mengupil dengan secara konsisten dan terus menerus dilakukan akan menyebabkan rambut hidung menjadi rontok. Padahal rambut yang terdapat didalam hidung itu memiliki fungsi penting untuk dapat menyaring debu dan polutan di udara. Jika tanpa rambut hidung akan membuka jalan bagi semua jenis penyakit dan infeksi masuk ke dalam tubuh.

5.Bisa meninggal
Dengan kondisi yang seperti ini bisa saja terjadi kapan pun, apabila seseorang selalu berusaha mengeluarkan upil yang besar. Karena di dalam hidung terdapat tulang yang disebut dengan tulang ethmoid, tulang ini memisahkan antara hidung dari otak. Jika ada seseorang yang sedang mengupil lalu menusuk tulang ini, maka cairan di otak bisa bocor lalu dapat menyebabkan meningitis.

baca juga>> travel haji  >>  travel haji 2018  >>  travel haji 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar