Laman

Rabu, 06 September 2017

Seputar meningitis Yang Perlu Diketahui

Seputar meningitis, Meningitis merupakan penyakit yang sangat cukup membahayakan, karena dapat menghilangkan nyawa seseorang. Meningitis adalah radang pada membran pelindung yang menyelimuti otak serta sumsum tulang belakang, yang secara kesatuannya itu disebut dengan Meningen.

Seputar meningitis Yang Perlu Diketahui

Vaksin Meningitis
seputar meningitis bahwa wajib melakukan vaksin meningitis yang diberikan kepada setiap calon jamaah haji dan umrah yang hendak melaksanakan ibadah haji dan umrah, hal ini merupakan langkah antisipasi agar terhindar dari resiko tertular Meningitis Meningkokus (Radang Otak) antar jamaah.

Tujuan dari Suntik Vaksin Meningitis
Dalam seputar meningitis bahwa melakukan suntik vaksin meningitis ini dilakukan guna untuk melindungi jamaah dari penularan virus dan bakteri penyebab meningitis dan vaksinasi ini juga dapat berlaku selama 2 tahun lamanya. Apabila sudah melewati waktu yang telah di tentukan dan ingin kembali melakukan ibadah haji dan umrah maka kita wajib melakukan vaksin meningitis kembali.

Vaksinasi meningitis
Untuk secara umum diisyaratkan bagi siapa saja yang hendak berpergian ke luar negeri, terutama ke tempat Negara-negara yang memiliki riwayat epidemik meningitis, diantaranya ialah Negara Arab Saudi. Pemerintahan Kerajaan Arab Saudi sampai saat ini mewajibkan bagi calon jamaah haji dan umrah agar melakukan vaksin meningitis sebagai syarat pokok dalam pemberian visa untuk dapat melakukan ibadah haji dan umrah. Karena menurut dari World Heath Organization (WHO) Arab Saudi termasuk salah satu tempat yang endemik bagi penyebaran virus penyakit meningitis. virus meningitis ini juga sangat membahayakan karena dapat menyebabkan kematian dan kecacatan.

Penyebab Meningitis
Penyebab dari meningitis itu terjadi akibat infeksi oleh virus, bakteri atau mikroorganisme lainnya. Dalam kasus yang tertentu juga dapat disebabkan oleh obat-obatan tertentu. Dalam penanganan penyakit ini tidak mudah dan cepat, selain dapat menyebabkan kematian, apabila sembuh juga dapat mengalami kecacatan seumur hidup.

Virus ini akan terus menyebar ke seluruh otak dan sumsum tulang belakang. Pada sebelumnya, virus ini akan masuk ke dalam tubuh kita melalui udara. Dari udara kemudian menuju tenggorokan lalu masuk ke aliran darah dan menuju ke otak.

Gejala Meningitis
Gejala yang ditimbulkan pada penyakit ini diantaranya adalah leher kaku yang disertai dengan demam, kebingungan atau perubahan kesadaran, muntah muntah dan gangguan kepekaan terhadap cahaya atau biasa dikenal dengan fotobia atau juga kepekaan terhadapan suara keras yang disebut dengan fonobia.sedangkan, meningitis yang dialami oleh anak-anak menunjukkan beberapa gejala nonspesifik seperti lekas marah, mengantuk dan menangis. Terdapat ruam merah yang juga muncul dapat menunjukkan gejala dari meningitis, hal ini disebabkan oleh bakteri meningkokus.

Bagi yang ingin mengetahui ada atau tidaknya meningitis dalam tubuh wajib melakukan diagnosa. Kondisi seperti ini, tindakan dalam punksi lumbal harus dilakukan dengan cara memasukkan jarum ke dalam Kanalis Spinalis untuk dapat mengambil sampel Likuor Serebrospinalis (LCS) yang menyelimuti otak dan sumsum tulang belakang. LCS kemudian dibawa dan diperiksaa di Laboratorium medis.

Penanganan Pada Meningitis Akut
Dalam penanganan yang pertama menghadapi meningitis akut terdiri dari pemberian secara tepat dalam pemberian antibiotik dan terkadang obat antivirus. Kortikosteroid juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya komplikasi akibat radang yang berlebihan.

Meningitis juga dapat mengakibatkan konsekuensi dalam jangka panjang seperti ketulian, epilepsy, hidrosefalus dan defisit kognitif, terutama bila tidak dalam tindakan perawatan dengan cepat dan tepat. Adapun beberapa jenis meningitis, misalnya seperti yang berhubungaan dengan Meningkokus, Haemophilus Influenzae Type B, Pneumokokus atau infeksi Virus Mumps, itu semua dapat di cegah dengan Imunisasi atau Vaksin Meningitis.  artikel lain nya >> paket haji  <<  paket haji 2018  <<  paket haji 2019

Syarat Mendapatkan Buku Kuning Meningitis
Bagi calon jamaah haji yang menginginkan agar mendapatkan vaksin ini, bisa datang langsung ke Kantor Dinas Kesehatan atau Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang ada di wilayahnya masing-masing. Adapun persyaratan yang wajib dilengkapi untuk mendapatkan vaksin meningitis beserta buku kuningnya:

1.Mengisi formulir permohonan
2.Fotocopy Passport
3.Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
4.Melampirkan pas foto ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar
5.Membayar biaya vaksinasi
6.Tidak sedang hamil (khusus wanita)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar