Laman

Sabtu, 07 Oktober 2017

Cek Awal Meningitis Dengan Tempelkan Dagu ke Dada

Cek awal meningitis, Meningitis merupakan sebuah penyakit peradangan yang mengenai lapisan selaput pelindung jaringan otak dan sumsum tulang belakang yang juga dapat menimbulkan eksidasi berupa pus atau serosa yang disebabkan oleh mikroorganisme, baik protozoa, bakteri, virus atau jamur. Meningitis yang menginfeksi secara akut membran yang menutup otak dan sumsum tulang belakang. Sebagai organ penunjang sistem saraf pusat. Hal ini yang menjadikan meningitis penyakit serius. Sebab mampu menyebabkan kerusakan kendali gerak, pikiran, bahkan kematian

Cek Awal Meningitis Dengan Tempelkan Dagu ke Dada

Salah seorang tenaga medis dr Iris Rengganis, SpPd menuturkan, bahwa pada penyakit ini masuk dalam kategori sebagai penyakit serius yang harus segera mendapatkan penganganan yang tepat, mengingat letak penyakit ini berada dekat dengan otak dan tulang belakang. Sehingga, dapat merusak gerak yang berujung pada kematian. Lakukan cek awal meningitis.

Oleh sebab itu, bagi pasien yang telah mendapatkan diagnosa menderita meningitis lakukan cek awal meningitis dan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan yang lebih lanjut lagi dengan cek awal, baik meningitis yang disebabkan oleh bakteri, virus maupun jamur. Penyakit meningitis juga akan mendapatkan theraphy yang sesuai dengan penyebabnya.

Ada 2 jenis penyakit meningitis, yakni:

1.Meningitis viral. Biasanya pada meningitis jenis ini tidak menyebabkan penyakit serius. Dalam kondisi yang mengkhawatitkan, penyakit meningitis jenis ini dapat menyebabkan panas, demam yang berkepanjangan disertai dengan kejang-kejang.

2.Biasanya pada penyakit ini tidak bisa dianggap sepele karena meningitis yang disebabkan oleh bakteri sangatlah serius dan wajib mendapatkan perawatan serta pengobatan yang tepat agar dapat mencegah kerusakan otak dan keluhan lainnya yang dapat berakibat kematian.

Pada umumnya tanda dan gejala meningitis yang di kalangan pasien yang usia remaja dan dewasa adalah leher kaku dan terasa sangat sakit, terutama pada saat akan mencoba untuk menempatkan dagu pada bagian dada. Selain itu, adapun gejala lainnya yaitu demam, kejang, muntah-muntah, kepala terasa nyeri, hingga hilangnya kesadaran.

Sedangkan, meningitis yang dialami oleh pada anak-anak dan bayi mungkin akan sulit untuk diketahui karena mereka belum bisa untuk menunjukkan secara detail ekspresi, kecuali ia menunjukkan rewel dan tidak mau makan atau diberi susu, timbulnya ruam yang sangat sensitif saat disentuh akan membuat mereka menangis.

Ketika gejala-gejala di atas dirasakan, jangan sampai diabaikan begitu saja, sebaiknya pasien harus segera di bawa ke rumah sakit agar mendapatkan penanganan oleh dokter, fungsi lumbal merupakan tes laboratorium atau biasa disebut dengan apinal tap yang amat sangat penting untuk penyakit meningitis

Ada beberapa cara dalam mengatasi penyakit meningitis, yaitu dengan selalu menjaga kebersihan baik kebersihan diri maupun lingkungan, konsumsi makanan yang pebuh gizi, hindari dari berbagi peralatan makan, tutuplah hidung dan mulut saat akan bersin dan juga konsumsi antibiotik saat sedang bersama-sama dengan orang yang terkena virus ini.

Sebab penyakit meningitis merupakan penyakit menular. Oleh sebab itu, penting sekali untuk selalu memeriksa kesehatan. Segeralah pergi ke rumah sakit jika mendapatkan gejala-gejala meningitis dirasakan oleh Anda sendiri atau orang-orang yang ada di sekitar Anda, agar segera memperoleh penanganan langsung dari dokter yang ahli pada bidangnya tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar