Laman

Selasa, 07 November 2017

Memelihara Hewan Reptil Ini Risiko Meningitis

Reptil risiko meningitis, Selain kelinci dan kucing dijadikan hewan peliharaan di rumah, ada kura-kura yang dapat dijadikan hewan peliharaan. Nah, buat para orang tua yang kebetulan memiliki anak yang senang memelihara binatang yang disukainya. Apalagi mengutarakan keinginan mereka untuk memelihara kura-kura, terlebih ukuran yang masih kecil alias anakan, sebak-baiknya sebagai orang tua harus lebih berhati-hati mengenai hewan peliharaan tersebut. kenapa? Sebabnya reptil dapat membawa bakteri salmonella yang rentan sekali memicu infeksi.

Memelihara Hewan Reptil Ini Risiko Meningitis

Dalam pemberitaan yang muncul baru-baru ini, Centers for Disease Control (CDC) melaporkan bahwa kalau seperti reptil lain, kura-kura dapat membawa bakteri yang dapat menyebaban salmonellosis. Salmonellosis ialah infeksi yang dapat menyebabkan kematian dengan bebarapa gejala yang ditimbulkan seperti demam, diare dan kram perut. Selainnya, reptil risiko meningitis.

CDC menuturkan, jika seseorang melakukan kontak langsung dengan kura-kura atau habitatnya dapat memperbesar risiko infeksi. Hewan reptil risiko meningitis, harus hati-hati terutama pada anak-anak. “Sebab kami telah menemukan selama 6 bulan terakhir ini, ada 16 orang masuk Rumah sakit menjalani masa perawatan dan berasal dari 13 negara bagian. Dari banyaknya 37 kasus yang telah dilaporkan, 12 pasien yang berusia 5 tahun ke bawah,” jelasnya.

Dalam studi tahun 2015 yang telah diterbitkan di jurnal Archives of Disease in Childhood, menunjukan bahwa selain infeksi salmonella, pada anak-anak juga akan berisiko terkena infeksi bakteri seperti meningitis atau colitis, dengan melalui perantara reptil tersebut. dalam studi itu, telah ditemukan dari banyak kasus sebesar 174 kasus infeksi salmonella yang dialami oleh anak dibawah 5 tahun, anak yang harus diopname ada 48 persen.

Sementara itu, 17 persennya anak mengalami infeksi yang lebih serius lagi. Yang sebelumnya, CDC sudah memberikan himbauan agar keluarga tidak perlu membelikan kura-kura untuk menjadi peliharaan anak mereka atau menerima maupun sebaliknya, memberi kura-kura pada anak dengan panjang kurang dari 10 cm untuk dijadikan sebagai hadiah untuknya.

Kemudian, bagaimana kalau kebetulan di rumah sudah ada hewan peliharaan berupa kura-kura tersebut? CDC memiliki rekomendasi keamanan dan keselamatannya nih, Jangan lupa untuk cuci tangan setelah memegang hewan itu, makanannya maupun kandangnya. Disebabkan, makanan reptil seperti hewan pengerat dan makanan beku, juga perkakas yang ada di dalam kandang reptil dapat juga terkontaminasi salmonella.

Setelah itu, letakkan kura-kura jauh dari dapur dan ruang makan atau tempat penyimpanan makanan di rumah. Kalau sudah tiba waktunya untuk membersihkan kandang, sebaiknya lakukan diluar rumah saja. Ada yang penting juga nih, meskipun sudah sayang sekali dengan si kura-kura terlebih yang masih anakan, tidak perlu sampai dipeluk erat atau dicium-cium. Jika tetap melanggar cara itu, hati-hati risiko yang akan menyerang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar