Laman

Kamis, 16 November 2017

Penyakit Meningitis Muncul Gejala Ini

Meningitis muncul gejala, Meningitis adalah sebuah penyakit peradangan pada selaput yang menyelubungi otak maupun di sumsum tulang belakang. Membran atau selaput yang disebut dengan meninges, sejatinya berfungsi untuk melindungi otak dan sumsum tulang dan tulang belakang dari virus dan bakteri. Pada saat meninges telah terkena infeksi, maka terjadi penyakit yang disebut dengan meningitis. Kasus meningitis lebih banyak disebabkan oleh infeksi virus dibanding bakteri. Lantas, gejala apa saja yang muncul jika terkena meningitis.

Penyakit Meningitis Muncul Gejala Ini

Penyakit meningitis muncul gejala ini seperti Flu, gejala meningitis seringkali seruapa dengan flu. Direktur Eksekutif University of Missouri Student Health Centertis, Susan Even, MD, mangatakan, flu dapat menjadi tanda-tanda awal meningitis. jika mengalami demam, sakit kepala yang disertai dengan mual dan muntah, tidak kunjung membaik setelah minum obat segera temui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut lagi.

Leher kaku, ini juga menjadi salah satu gejala meningitis. leher kaku berbeda dengan dengan rasa pegal pada leher saat bangun tidur, jadi harus bisa membedakanya. Pada penyakit meningitis ini, leher kaku akan terasa lebih nyeri ketika akan melakukan peregangan. Rasa nyeri yang dirasakan dapat menjalar terus ke kepala dan punggung. Penyakit meningitis muncul gejala yang seperti itu, seperti serupa namun berbeda.

Mata sensitif terhadap cahaya, waspadai dengan penyakit meningitis sebab bila mata menjadi lebih sensitif saat melihat cahaya. Misalnya, Anda seringkali menyipitkan mata Anda saat melihat sedikit cahaya matahari maupun lampu. Kemungkinan besar terjadi peradangan pada saraf optik di belakang mata. Biasanya hal itu, pada mata seseorang  akan terasa nyeri dan disertai dengan sakit kepala. 

Kebingungan dan sulit konsentrasi, penyakit meningitis akan memberikan pengaruh pada kinerja otak ketika infeksi terjadi pada selaput otak. Akibatnya pun, Anda akan merasa kebingungan dan sulit untuk berusaha dalam berkonsentrasi dalam melakukan suatu hal. Misalnya saja, Anda menjadi merasa kebingungan untuk menjelaskan sesuatu yang mau Anda ungkapkan.

Bintik-bintik merah di kulit, pada gejala meningitis juga akan muncul bintik-bintik merah atau ruam di kulit. Gejala ini dapat terjadi ketika bakteri telah melepaskan racun. Sehingga, dapat membuat pembuluh darah di kulit akan terganggu dan dapat memunculkan ruam. Kalau menurut dari Susan, jika muncul ruam di kulit, itu artinya kerusakan organ dan saraf di otak mungkin sudah terjadi.

itulah gejala meningitis yang muncul pada diri seseorang. Jika Anda atau orang di sekitar Anda mengalami hal-hal tersebut, maka segeralah hubungi dokter. Bila perlu, langsung pergi ke rumah sakit agar lebih cepat di tangani oleh tim medis. Sebab meningitis merupakan penyakit yang cukup serius, terlambat sedikit dalam penanganan risiko terbesar adalah kematian. Oleh sebab itu jangan remehkan gejala meningitis yang terasa dan terlihat ringan namun membahayakan keselamatan pada seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar