Laman

Sabtu, 31 Desember 2016

Efek Samping Suntik Vaksin Meningitis

Manfaat Vaksin meningococcal sangat penting untuk mencegah terjadinya meningitis juga mencegah timbulnya komplikasi meningitis atau timbulnya gejala berat dari meningitis, tapi tidak berarti orang telah di vaksin sepenuhnya terbebas dari meningitis. 


Sama dengan obat, vaksin menigitis juga dapat menyebabkan terjadinya beberapa efek samping. Efek samping tersebut mulai dari yang ringan hingga berat (sangat jarang). Efek samping adalah suatu reaksi alergi yang bervariasi dari ringan hingga berat. Resiko yang mengakibatkan kematian atau reaksi alergi berat yang membahayakan jiwa seseorang setelah pemberian vaksin meningococcal sangat jarang ditemukan.

Efek samping seperti pingsan dan kedutan dapat terjadi setelah pemberian vaksin. Efek samping ini yang paling sering terjadi pada anak remaja.


Efek Samping Ringan dari Vaksin Meningitis
Beberapa penerima vaksin meningococcal akan mengalami efek samping ringan berupa rasa nyeri seperti kulit kemerahan pada daerah bekas suntikan. Efek samping  yang satu ini biasanya akan mereda dalam waktu 1 atau 2 hari. Efek samping lain yaitu orang yang menerima vaksin meningococcal juga dapat mengalami demam.



Efek Samping Berat dari Vaksin Meningitis
Efek samping berat yang bisa saja terjadi setelah menerima vaksin meningococcal yaitu suatu reaksi alergi berat yang dapat saja membahayakan jiwa seseorang. Efek samping ini dapat terjadi pada waktu beberapa menit hingga beberapa jam setelah pemberian vaksin. Tetapi efek samping alergi berat ini amat sangat jarang terjadi.



Ada Kelompok orang berikut perlu menunggu atau bahkan menghindari vaksin meningitis karena dapat berdampak serius :

  • Orang yang pernah menderita alergi parah hingga mengancam nyawa setelah mendapat vaksin meningitis MCV4 atau MPSV4, atau vaksin lain.
  • Orang yang sedang sakit sebaiknya menunda suntikan vaksin meningitis hingga kondisinya benar-benar sehat.
  • Mengidap atau pernah mengidap sindrom Guillain-Barre (penyakit gangguan sistem saraf).
  • Sedangkan ibu hamil dan menyusui perlu mengonsultasikan kesehatannya terlebih dahulu sebelum menerima vaksin meningitis.


Info lainnya KLIK di sini