Laman

Jumat, 06 Januari 2017

Mengapa Suntik Vaksin Meningitis Penting Bagi Calon Jamaah

Manfaat suntik Vaksin meningitis, manfaat suntik meningitis untuk umroh dan haji akan di jelaskan secara rinci disini. Sebelum keberangkatan umroh dan haji tiap-tiap calon jamaah di wajibkan untuk mendapatkan suntik vaksin meningitis, mengapa hal ini perlu dilakukan? Banyak pertanyaan serupa terlontar mengenai hal ini, seberapa wajib dan pentingnya kah suntik meningitis ini? Tapi biasanya petugas ahli kesehatan yang menangani akan memberi penjelasan kepada calon jamaah haji maupun umroh kenapa wajib menerima vaksin meningitis ini sebelum berangkat.


Mengapa Suntik Vaksin Meningitis Penting Bagi Calon Jamaah



Yang Perlu diketahui oleh calon jamaah adalah keteika anda berada di Mekkah, maka disana telah berkumpul jutaan orang yang datang dari seluruh dunia dengan beraneka ragam kebiasaan di tempat daerah endemic penyakit meningitis, terutama orang yang berasal dari afrika. Maka dari itu  jika anda sebelum berangkat tidak melakukan/ menerima vaksin, maka kemungkinan besar peluang untuk tertular meningitis sangatlah tinggi. Diharapkan setiap jemaah haji dan umroh tidak ingin tertular penyakit radang selaput otak tersebut.

Apa itu Meningitis?
Meningitis yaitu suatu penyakit radang yang terjadi pada selaput di membran otak dan sumsum tulang belakang penyebabnya adalah infeksi virus, bakteri dan mikroorganisme. Dalam kasus tertentu bisa juga disebabkan oleh kesalahan pada saat penggunaan obat obatan tertentu. Seringkali penyakit mengakibatkan terjadinya kematian mendadak, jika hal ini terjadi harus segera ditangani secara serius sehingga kondisi meningitis biasa disebut Darurat Medis.


manfaat suntik vaksin meningitis



Mengapa Meningitis Berbahaya ?
Otak dan sumsum tulang belakang adalah kesatuan yang berfungsi begitu penting dalam menunjang kehidupan seseorang. Ketika keduanya terserang virus atau bakteri, maka efek yang akan terjadi sangatlah fatal sampai akan mengancam keselamatan jiwa. Gejala yang ditimbulkan seperti sakit kepala hebat disertai kekakuan leher, gejala lainnya penderita juga akan merasakan demam, kebingungan atau perubahan kesadaran, muntah dan sangat peka terhadap cahaya serta suara.

Sementara itu pada anak anak hanya menunjukan gejala non spesifik seperti mudah marah dan penyebab sering mengantuk serta terdapat ruam merah jika meningitis-nya disebabkan oleh bakteri meningokokus. Perlu dilakukannya tindakan Punksi Lumbai dengan memasukkan jarum kedalam kanalis spinalis untuk diambil cairan likuor serebrospinalis untuk diperiksa dilaboratorium.

Manfaat Suntik Vaksin Meningitis
Dalam hal antisipasi atau mencegah terjadinya penyakit radang selaput otak, sebaiknya diberikan vaksin meningitis bagi setiap orang yang akan berpergian ke suatu tempat yang terdapat banyak orang, seperti saat menjalankan ibadah haji atau umroh. Pemberian vaksin ini sudah menjadi peraturan yang ditetapkan Kementerian Kesehatan Arab Saudi. Dan ketika calon jamaah tidak memiliki bukti sudah pernah menerima vaksin meningitis maka, tidak mendapatkan VISA haji ataupun visa umroh.



Visa adalah sebuah dokumen izin masuk seseorang ke suatu negara yang bisa diperoleh di kedutaan dimana negara tersebut mempunyai Konsulat Jenderal atau kedutaan asing.

Apa Manfaat vaksin meningitis ?

  • Mencegah terjadinya meningitis terutama yang disebabkan oleh bakteri. Karena cara penularannya sangat mudah yaitu melalui kontak langsung pada penderita, oleh sebab itu dengan menerima vaksin diharapkan dapat terhindar dari resiko tertularnya meningitis.
  • Melakukan pemberian vaksin meningitis bisa menekan jumlah korban jiwa akibat keganasan penyakit infeksi selaput otak. Telah banyak korban yang meninggal disebabkan oleh virus meningitis, terlebih saat dahulu dimana vaksin meningitis belum ditemukan seperti sekarang. Diharapkan dengan adanya vaksin setidaknya angka kematian akibat virus ini dapat ditekan serendah mungkin sehingga penyebarannya dapat dibatasi.
  • Wajib diperlukan ketika hendak melakukan ibadah umroh dan haji. Vaksin meningitis juga sangat berguna ketika seseorang akan pergi menunaikan ibadah umroh haji ke Mekkah. 
  • Dan pemberian vaksin meningitis sudah menjadi salah satu syarat utama untuk mendapatkan VISA haji serta umroh. by haji berangkat tahun ini


Info lainnya KLIK di sini