Laman

Rabu, 07 Juni 2017

Cipratan Air Liur Orang Sakit Tingkatkan Risiko Infeksi Meningitis

Cipratan air liur orang sakit, Meningitis merupakan penyakit yang cukup membahayakan bahkan berisiko kematian. Data meningitis yang ada di Indonesia belum ada yang tepat sebab kasus meningitis sering kali disangka sebagai penyakit biasa atau infeksi lain. Meningitis terjadi pada anak dengan tiba-tiba dan menambah angka kematian yang cukup tinggi.Oleh sebab itu, penyakit infeksi yang menyerang dan menyelimuti otak itu jarang disadari oleh para orangtua.

Cipratan Air Liur Orang Sakit Tingkatkan Risiko Infeksi Meningitis

Dijelaskan oleh seorang Dokter Spesialis Anak dari RS Evasari Jakarta yakni dr Darmady Darmawan SpA, meningitis adalah infeksi pada selaput pelindung (meninges) yang menyelimuti otak dan juga saraf tulang belakang. Itu disebabkan karena adanya virus, bakteri dan patogen lainnya, dari semuanya itu bisa keluar dari cipratan air liur orang sakit. Penyakit meningitis ini bisa menyerang siapa saja, lebih rentan menyerang pada anak-anak. Meski gejala awal dari penyakit ini tidak mudah untuk dikenali, namun meningitis ini termasuk jenis penyakit yang harus dengan segera di tangani.

"Banyak cara penularan meningitis yang disebabkan dengan melalui cipratan air liur orang sakit. Kalau dari cipratan air liur itu terkena ke anak dapat menyebarkan bakteri," papar dr Darmady.

Adapun jenis bakteri yang paling sering sekali menyebabkan meningitis yaitu hemofilus influenza B, pneumonia dan juga neiseria meningitis. Untuk sementara itu, proses penularannya sangat cepat. Bagaimanakah prosesnya?

"Pada proses bakteri infeksi kena droplet kumpul menjadi satu lalu masuk ke saluran pernapasan. Dari sanalah bakteri yang menyebar bikin infeksi ke aliran darah dan menuju ke otak," terang dr Darmady.

Untuk selanjutnya, jika sudah seperti itu terjadilah infeksi yang menjadi gejala meningitis pada anak. Dalam Bentuknya itu berupa infeksi pada tenggorokan, infeksi dalam otak, infeksi paru-paru atau sinusitis.

Sebab itu, dilihat dari tingkat fatal meningitis, penyakit ini patut untuk diwaspadai dan tidak boleh dianggap enteng. sebagai Orangtua harus segera mungkin deteksi dini pada anak yang mungkin sedang sakit yang tak kunjung sembuh. Agar Si kecil cepat tertolong dan dapat diatasi dengan tepat.