Laman

Sabtu, 10 Juni 2017

Hindari Cium Si Kecil Karena Dapat sebabkan Meningitis

Hindari cium si kecil, Banyak para orangtua yang begitu sayang dengan anaknya, dengan mencium bayinya berulangkali di seluruh bagian pipi. Tingkah bayi yang lucu dan selalu menggemaskan, seringnya melampiaskannya lewat ciuman. Namun ternyata, kebiasaan yang seringkali dilakukan dengan mencium bayi terbukti akan membahayakan kesehatan bagi sang bayi itu sendiri.

Hindari Cium Si Kecil Karena Dapat sebabkan Meningitis

Pasalnya, hindari cium si kecil karena terdapat banyak kuman dan virus penyebab penyakit yang dapat ditularkan melalui percikan ludah dan penyebaran di udara sehingga dapat terhirup oleh bayi. "Yang lebih dikhawatirkan lagi dari cium itu adanya air ludah yang mengandung banyak sekali virus yang bisa saja akan tertular melalui udara. Kalau di luar negeri, ada larangan mencium anak oleh sembarang orang,” kata Product Manager PT Wyeth Indonesia dr. Theresia Adhitirta.

Hindari cium si kecil. Lalu, apa saja penyakit yang dapat mengancam bayi bila sering dicium, berikut di bawah ini antaranya

1. Ancaman Penyakit IPD
Jelas dr. Theresia, mengatakan bahwa kebiasaan yang selalu dilakukan oleh seseorang adalah mencium bayi. Hal itu berpotensi menyebabkan bayi tersebut terkena penyakit Invasive Pneumococcal Disease (IPD), yang merupakan sekelompok penyakit infeksi pneumokokus seperti radang paru (pneumonia), infeksi darah (bakteremia), dan radang selaput otak atau meningitis.

Lebih bahayanya lagi, penyakit ini termasuk berisiko kematian tinggi dan mengalami kecacatan pada balita. "Nilai tingkat kematian penyakit ini terbilang tinggi hingga mencapai 50 persen," ujarnya.

Sambungnya, sudah banyak kasus yang ditemukan bahwa penyakit ini menyerang anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun. Di samping itu, anak-anak yang telah dititipkan di tempat penitipan anak atau play group cenderung akan lebih berisiko tinggi terpapar penyakit ini.

Kemudian, untuk bayi yang lahir secara prematur, tidak mendapatkan ASI, tinggal di tingkat yang berpolusi, lingkungan yang penuh dengan asap rokok, serta tempat hunian padat termasuk di sekolah, pasar dan mall juga sangat beresiko tinggi. "Sebaiknya untuk anak-anak jangan terlalu sering dibawa jalan-jalan ke mall atau tempat keramaian," tuturnya.

2. Terkena Batuk dan Flu
Ingatlah, pada saat mencium si kecil, kuman seperti batuk dan flu ikut berpindah dari mulut ke pipi atau bibir si kecil. Akibatnya, si kecil pun akan ikut tertular, sehingga beberapa waktu yang akan datang, ia akan terjangkit penyakit tersebut.  Ingat, penyakitnya timbul seperti flu dan batuk, sakit kepala, menular melalui percikan ludah. Saat Anda sedang bersin, batuk, bernapas, termasuk mencium bayi, kuman  akan ikut terbang dan menulari orang yang ada di sekelilingnya.  

3. Rawan demam
Beberapa macam penyakit dengan gejala demam tinggi dapat ditularkan dengan melalui berciuman, termasuk beberapa penyakit demam. Entah itu flu, radang tenggorokan, atau yang lalinnya. Apalagi imunitas si kecil juga belum berkembang dengan  baik,  sehingga ia dengan mudah terserang penyakit dan menyebabkannya jadi sakit.

4. Ancaman Radang Otak Bila Bayi Sering Dicium
Kesehatan pada seseorang yg usia dewasa sudah tidak dapat dilihat dari penampilan fisik. Artinya, boleh saja kalau ia terlihat sehat-sehat saja, padahal di tubuhnya sedang digerogoti penyakit menular. Salah satu penyakit menular yang rawan hinggap pada tubuh si kecil adalah radang otak, alias meningitis. Gejala awal meningitis yang ditandai dengan demam tinggi, sakit kepala, mual, muntah.Oleh karena itu, jangan enggan untuk menolak tamu yang datang untuk menengok si kecil tapi hendak mencium.

5. Terkena penyakit CMV
Cytomegalovirus atau yang lebih dikenal dengan singkatan CMV yang merupakan salah satu bentuk virus yang menyerupai virus herpes. Bagi penderita yang terinfeksi oleh Cytomegalovirus maka gejala yang ditimbulkan itu menyerupai flu bahkan beberapa mengalami tanpa gejala. Virus ini juga bisa menyebar lewat air liur. Bila si kecil dicium oleh penderita yang terkena CMV, kemungkinan besar si kecil akan mengalami CMV juga. Penyakit ini sangat berbahaya, bahkan mematikan.

6. Terserang virus herpes
Virus ini merupakan Infeksi menular seksual yang dapat ditularkan melalui berciuman. Celakanya, virus ini juga dapat bersarang di dalam tubuh seseorang semasa hidupnya. Maka dari itu, dapat cegah dengan menolak secara halus bagi setiap tamu yang akan mencium si kecil.

7. Cacar air
Cacar air yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Dimana virus ini dapat sampai kepada seseorang dengan kontak langsung pada seseorang yang terinfeksi. Selain itu juga dapat menular. Padahal pada orang-orang yang sebelumnya tidak ada yang menderita atau mengalami cacar air karena belum mempunyai imunitas terhadap cacar air.
kunjungi segera >> travel umroh  /   travel umroh 2018  /  travel umroh 2019

Ada yang lebih berbahaya lagi, cacar air ini bisa menyebar dengan mudah melalui udara ketika si penderita cacar air batuk atau bersin, dimana tetesan-tetesan kecil cairan yang dikeluarkan mengandung banyak virus. Jadi penularannya itu mirip dengan penyakit flu yang sama-sama disebabkan oleh virus. Jadi sudah bisa dibayangkan apabila penderita mencium si kecil, virusnya pun sudah pasti akan berpindah, sehingga menyebabkan si kecil ikut terkena sakit cacar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar